Curah Hujan Tertinggi

Curah Hujan Tertinggi

Musim hujan ini benar-benar membuat basah kuyup bumi kita dalam artian yang sebenarnya. Tanya: negara mana yang curah hujannya tertinggi? Jawaban mayoritas orang: Inggris. Ternyata jawaban ini salah! Jadi, negara mana di dunia ini yang diguyur hujan paling banyak?

Sosis dan permainan rugby merupakan ciri khas Inggris, selain cuacanya yang cenderung basah. Tak ada rumah orang Inggris yang tidak mempunyai payung. Kalau mau ekspor barang ke sana, ya payung ini. Rata-rata angka statistik: setiap 2 hari sekali pasti terjadi hujan di Inggris. Namun ada negara lain yang curah hujannya melebihi Inggris, bahkan tertinggi di dunia. Menurut institusi meteorologi dunia WMO (World Meteorological Organization), curah hujan di London itu rata-rata cuma 611 mm/tahun. Tapi di Roma curah hujannya 733 mm/tahun. Dengan demikian Italia adalah negara dengan curah hujan tertinggi di dunia.

Hujan di Inggris terjadi lebih kerap dalam waktu yang lebih sering. Hujan di Italia lebih jarang, namun dengan intensitas yang lebih lebat, terutama saat musim gugur dan winter (Oktober sd Maret). Rata-rata London diguyur hujan 145 hari/tahun. Roma cuma 74 hari/tahun (kendati lebih lebat).

Leave a reply

error: Content is protected !!