Tips Cerdas Berhemat Jutaan Rupiah

Tips Cerdas Berhemat Jutaan Rupiah

Membeli mobil baru bagi kebanyakan orang merupakan investasi mahal dalam hidup mereka selain rumah tinggal. Namun ada beberapa trik, bagaimana kita bisa berhemat jutaan Rupiah saat membeli kendaraan roda empat paling gres. Para pembeli umumnya terfokus pada warna, asesoris, dan besarnya mesin (berapa cc atau ps) mobil yang akan dibeli. Sedikit yang memikirkan bagaimana membeli mobil impian dengan harga yang semurah mungkin. Sejauh ini dapat dikatakan, bahwa sampai dengan 20% dari harga yang ditawarkan dapat kita hemat jika mengetahui caranya. Bahkan bisa lebih dari itu jika pembeli punya kemampuan negosiasi. Yang penting adalah: jangan terbuai dengan omongan penjual, yang tentu sudah dilatih untuk itu.

SATU: Pastikan untuk Tahu Pajak Mobil Baru Kedua Anda
Mungkin saja Anda membeli mobil yang kedua. Sejak 1 Januari 2011 ada aturan pajak progresif. Tetapi cukup fleksibel, sehingga kita bisa menentukan sendiri mobil mana yang terkena pajak progresif paling besar untuk dijadikan mobil pertama. Penentuan kendaraan mana yang menjadi progresif kedua, ketiga, dst ditentukan oleh kita sebagai pemilik mobil. Seorang pemilik Porsche yang NJKB (nilai jual kendaraan bermotor)-nya tinggi dapat menempatkan mobil balap ini sebagai kendaraan pertama.

DUA: Temukan Perbedaan Harga, Pastikan yang Termurah
Anda bisa menghemat antara 10% sampai 20%. Penjual mobil merupakan pakar di bidangnya. Sekalipun mereka menawarkan harga super promo atau obral, nilai ini masih bisa ditekan sampai 20% ke bawah. Sebagai pembanding, sebut saja harga yang ditawarkan para pesaing. Karena itu langkah paling baik agar Anda bisa paling hemat adalah membandingkan harga pada minimal 3 toko penjual mobil. Lalu konfrontasikan dengan harga yang ditawarkan mereka, untuk mobil yang sama.

TIGA: Mengkaji Model Promo
Mobil baru yang ditawarkan secara promo biasanya lebih murah ketimbang tipe yang sama. Kadang-kadang ditawarkan mobil yang sama dengan tambahan atau bonus asesoris tertentu. Hanya kita tidak bisa memilih dengan bebas, sebab mobil dengan model khusus untuk harga promo ini cuma punya pilihan warna yang terbatas. Kadang-kadang pun mesinnya juga tertentu, kendati besar cc atau daya ps-nya sama. Kalau Anda tidak cerewet soal warna, Anda bisa menghemat lumayan banyak.

EMPAT: Paling Baik Bayar Tunai
Pembeli yang membayar tunai akan mendapat potongan lebih banyak. Tak ada yang lebih disukai penjual mobil selain mereka yang membayar cash. Umumnya rumah penjualan mobil terbatas secara finansial dan tentu mereka gembira mendapat uang keras. Paling baik, jika Anda punya uang, bayar secara kontan, sekalipun di iklan ada tertulis besar-besar: bunga nol persen. Anda masih bisa mendapat diskon khusus dengan uang kontan, sekitar 20%. Atau Anda bisa bernego supaya mendapat barang ekstra lainnya, misalnya radio canggih atau ban baru.

LIMA: Kredit? Tak Usah Sungkan Memilih Bank
Jika Anda akan membeli mobil baru secara kredit, sangat disarankan untuk menggunakan bank konvensional. Pembeli jangan malas untuk membuktikan perbedaan angusran antara bank yang satu dengan bank lainnya. Cari yang paling murah. Tidak ada paksaan Anda harus mengangsur lewat bank tertentu saja.

Leave a reply

error: Content is protected !!