SEBELAS Fakta Unik Seputar Emas

SEBELAS Fakta Unik Seputar Emas

Emas merupakan logam pertama yang diproses oleh manusia. Sejak 6.000 tahun logam mulia ini dicari dan diproses. Mengapa bisa demikian? Sebab emas ada dalam wujud murni, relatif mudah diproses, dan tidak akan berkarat. Logam mulia ini selalu menjadi dambaan orang karena kemilaunya, berat, dan pukau warnanya yang kuning keemasan. Dalam peradaban silam, emas dipakai untuk sarana ritual. Suku bangsa Inka diketahui telah membuat topeng emas antara tahun 300 sampai 1200 sebagai bagian dari upacara sakral mereka. Kala itu emas diyakini sebagai keringat matahari. Penambangan emas diawali saat zaman perunggu (sekitar 5000 sampai 3000 tahun sebelum Masehi). Dalam era manusia modern dikembangkan teknik dasar ekstraksi logam.

1.
Afrika Selatan dianggap sebagai wilayah dengan kandungan emas terbesar di dunia. Suku aslinya tidak menghendaki eksploitasi emas ini karena dianggap mengganggu saat perburuan mereka. Setelah larangan dicabut banyak pencari emas yang datang ke Afsel dan mendirikan kota emas: Johannesburg. Ibukota Afsel sekarang.

2.
Emas diketahui ada di Eropa bagian tenggara abad ke-4, yaitu saat dilakukan penggalian benda purbakala di dekat Warna, sebuah kota di Bulgaria. Di sana ditemukan lebih dari 3000 figur hewan dan piringan terbuat dari emas murni (23 sampai 23,5 karat) pada lahan seluas 7500 meter persegi. Berat keseluruhan temuan itu sekitar 6 kilogram. Ukirannya membuktikan kehebatan seniman masa itu.

3.
Karena kelangkaannya, emas segera menjadi simbol kekuasaan. Orang-orang Mesir mengekploitasi tambang emas di wilayah utara Mesir dan Nubia. Tentara Kekaisaran Romawi menjarah tambang emas di Asia Kecil, Spanyol, Rumania dan Jerman, untuk mengisi kas mereka. Koin Romawi kuno ditemukan pada tahun 1958 saat ada penggalian tanah di Mosel.

4.
Bahkan dalam kisah-kisah agama-agama di dunia, emas punya tempat istimewa. Dalam Kitab Keluaran yang ditulis Nabi Musa ada kisah mengenai patung anak lembu yang dibuat dari emas. Ada pula legenda mengenai tanah emas Ophir. Selain itu, emas adalah salah satu hadiah orang-orang Majus untuk Yesus saat bayi.

5.
Keserakahan untuk memiliki emas juga merupakan alasan kuat terjadinya peperangan, penjarahan, dan penjajahan. Penemuan emas di Amerika Selatan oleh Christopher Columbus menjadi alasan kuat datangnya penjajah Spanyol ke sana, untuk menggali emas. Tidak heran jika setelah itu Spanyol lantas menjadi negara terkaya di Eropa untuk beberapa abad.

6.
Perampokan emas terbesar sepanjang sejarah diraih oleh Francisco Pizarro, penakluk kerajaan Inka. Dengan pasukan sejumlah 170 orang ia merebut ibukota Inka dan merampok sekitar 6800 kg emas dan 13000 kg perak. Logam mulia itu dia bagi-bagi pada setiap anggota pasukannya.

7.
Berawal di abad ke-19 demam emas melanda beberapa benua. Legenda adalah serbuan massal pencari emas di Kalifornia tahun 1849. Para pencari emas berkemah di ribuan tenda, sepanjang Sunga Ular (Snake River) di Alaska. Mereka dipicu oleh James W.Marshall yang menemukan sepotong emas pada Januari 1848. Pemilik tanah menginstruksikan anak buahnya untuk merahasiakan penemuan itu. Namun yang namanya rahasia akan menyebar dengan cepat, apalagi jika dikaitkan dengan kalimat seperti kaya mendadak dan sebangsanya.

8.
Untuk membuat gigi emas digunakan perhiasan kuno. Karena ketahanan terhadap korosi dan kualitas estetikanya emas dipakai dalam kedokteran gigi sebagai pelapis atau bahkan pengganti gigi. Perhiasan ini dilebur dan dituangkan dalam wujud gigi. Di sisi lain, gigi emas merupakan salah satu sumber untuk membentuk emas batangan.

9.
Harga emas ditentukan di pasar terbuka. Ini terjadi sejak abad ke-17 di Pasar Emas Bullion, London. Sejak itu, pedagang emas terkemuka bertemu di sebuah bank Rothschild di London untuk menentukan harga emas secara formal. Malah sejak tahun 1968, dilakukan pertemuan rutin harian setiap pk 15.00 waktu Inggris, guna menetapkan harga emas saat pembukaan bursa di Wall-Street.

10.
Dalam film James Bond “Goldfinger” tempat ini menjadi sasaran penjahat, tapi dalam kehidupan nyata tidak ada tempat lain di dunia yang dijaga demikian ketat: Fort Knox. Ia dikenal sebagai gudang cadangan emas Amerika Serikat. Kementerian Finansial AS membangun gedung Bullion Depository di sebelah Fort Knox pada tahun 1936. Sebuah bangunan dua lantai dari bahan granit sebanyak 470 meter kubik, 3.200 meter kubik beton, 750 ton tulangan baja, dan 670 ton baja struktural.

11.
Tahukah Anda? Potongan keping kecil emas dapat Anda beli lewat mesin otomat. Ada 500 mesin jual emas mirip ATM yang tersedia di Jerman, Austria, dan Swiss. Kelak, tidak hanya di bandara, tetapi juga di stasiun ka dan mal Anda dapat membeli emas secara tunai pada mesin otomat.

Leave a reply

error: Content is protected !!