Tempat yang Paling Ekstrem di Tata Surya Kita

Tempat yang Paling Ekstrem di Tata Surya Kita

Angin Terkencang
Berhembus di planet besar terdingin, yaitu di planet Neptunus. Energi pembangkit angin paling kencang ini diperoleh dari pusatnya. Rotasi Neptunus sendiri relativ lambat dan planet ini tidak punya daratan yang padat, yang mampu melambatkan sang angin. Sekencang apa ya angin paling kuat itu? Kecepatannya 2160 km/jam.

Gunung Tertinggi
Ada di planet Mars. Tingginya mencapai 27 km. Sebagai perbandingan, gunung tertinggi di bumi, Mount Everest, cuma 8848 meter. Oleh sebab itu gunung tertinggi di sistem tata surya kita ini dinamakan Olympus Mount, dewa tertinggi Bangsa Yunani Kuno.

Topan Terlama
Terjadi di planet Yupiter terus-menerus sejak 350 tahun silam dan sampai sekarang belum berhenti. Badai hebat ini demikian luasnya berlangsung selama ratusan tahun hingga terlihat seperti bulatan merah besar.

Bau Terbusuk
Berhembus di Io, salah satu bulan planet Yupiter. Belerang murni keluar dari vulkan Io, vulkan yang paling aktiv di sistem tata surya kita. Di atmosfirnya berhembus belerang dan hidrogen, baunya lebih tajam daripada telur busuk.

Bulan yang Paling Tidak Bulat
Dari berbagai bulan yang mengitari planet di sistem tata surya kita, ternaya ada satu yang paling nyleneh, yaitu yang paling jauh dari wujud apa yang kita sebut sebagai bulat. Dia adalah Hyperion, salah satu dari 62 bulan yang mengitari planet Saturnus. Menurut para astronom, bulan Hyperion ini merupakan sisa dari benda langit bekas tubrukan hebat. Di daratan Hyperion tampak lobang bekas tumbukan yang berdiameter 120 km dengan kedalaman 10 km.

Halilintar Terkuat
Ada di planet Saturnus. Darimana para ahli mengetahui adanya petir dahsyat di planet yang jauhnya 1,43 miliar km dari matahari ini? Mirip dengan bunyi di radio pada gelombang MW, saat ada halilintar, begitu pula para astronom mendengar gelombang radio akibat halilintar di planet terbesar kedua itu. Semakin kuat gelombang radio, kian hebat pula petir penyebabnya. Seberapa kuat sih, petir terkuat di sistem tata surya kita? Kira-kira 1 juta kali lebih kuat dibandingkan halilintar terkuat di bumi kita!

Gurun Terpanas
Tentu saja matahari lebih panas, demikian pula inti planet kita. Namun tidak ada daratan yang melebihi panas daratan planet Venus, lebih dari 460° Celsius, cukup untuk melelehkan baja. Bagian polar planet Venus pun tidak sedingin kutub bumi. Udara Venus sangat kering. Itulah planet gurun yang sebenarnya.

Leave a reply

error: Content is protected !!