Tetap Segar & Fit dalam Bekerja

Tetap Segar & Fit dalam Bekerja

Pertukaran teratur antara rasa tegang dan rileks sangat penting bagi cadangan energi tubuh.

Tip ke-1
Pernafasan amat menentukan. Nafas orang-orang stres cenderung datar dan pendek. Karena itu upayakan agar kita kerap mengambil nafas dalam-dalam dan perlahan mengeluarkannya, jika sedang stres.

Tip ke-2
Apabila tempat kerja Anda adalah layar monitor (dan komputer), maka pijatlah kadang-kadang area seputar pundak. Sesekali memutar kepala ke kiri dan ke kanan. Selain itu ajaklah mata Anda untuk sekali dua kali melihat tempat yang jauh.

Tip ke-3
Meditasi dan mendengarkan musik instrumen ringan amat membantu kita untuk bergeser dari peristiwa kejenuhan sehari-hari dan menguatkan pikiran bagi tugas selanjutnya.

Tip ke-4
Kadang-kadang kita perlu mengkhayal pergi ke suatu tempat yang amat kita sukai, misalnya tepi sebuah danau, pinggir sebuah hutan, tepi pantai dengan debur ombak, dsb. Jangan ragu untuk tersenyum riang saat membayangkannya!

Tip ke-5
Olahraga diupayakan teratur, tetapi tidak boleh berlebih atau dipaksakan. Barang siapa ingin menstimulasi sistem kekebalan tubuh melalui olahraga, harus latihan secara teratur. Misalnya dengan lari pagi. Ini wajib dilakukan minimal 3 kali seminggu @ 30 sampai 45 menit dan detak jantung tidak boleh lebih dari 180 dikurangi usia (dalam tahun). Kesalahan terbesar: olahraga tidak dilakukan secara teratur.

Tip ke-6
Olahraga yang dilakukan bersama teman-teman mampu meningkatkan efek positif.  Karena itu kebersamaan perlu dilakukan manusia kantor, minimal 1 tahun sekali, misalnya dengan outbound.

Tip ke -7
Stres besar di tempat kerja dapat dikikis dengan jalan-jalan di alam hijau yang jauh dari polusi. Sebab itu sebuah kota besar perlu memiliki taman kota dengan hutan mini dan kolam. New York merupakan contoh ideal.

Tip ke-8
Studi membuktikan: penderita kanker hidup lebih lama dengan olahraga yang teratur.

Tip ke-9
Makan aneka buah dan sayuran minimal 600 gram setiap hari.

Tip ke-10
Lama tidur diusahakan antara 6 sampai 8 jam setiap harinya, tidak lebih dan tidak kurang.

Leave a reply

error: Content is protected !!