Wolfram Alpha

Wolfram Alpha

Di masa sekarang ini Google dan Facebook sangat populer. Berapa tahun lagi? Bakal ada revolusi besar di internet karena munculnya program seperti Wolfram Alpha dan Augmented Reality. Pergolakan hebat di internet itu pasti juga akan mengubah seluruh hidup kita!

Kalimat pertanyaan pertama: “Distanz Jombang Surabaya” (Jarak Jombang Surabaya).  Kurang dari 5 detik keluarlah jawaban lengkap. Jombang (Jawa Timur), Surabaya (Jawa Timur). Jarak darat langsung 63,72 km, atau 39,6 mil, disertai gambar peta. Jarak Jombang –Surabaya ditempuh oleh pesawat (4 menit 20 detik), suara (3 menit 5 detik), cahaya (di udara: 300 mikrodetik), cahaya (di ruang hampa: 215 mikrodetik).

Pertanyaan kedua: Siapa yang lebih tua, Angela Merkel atau Barack Obama? (“Who is older: Angela Merkel or Barack Obama”). Tidak sampai 2 detik keluar jawaban lengkap: Angela Dorothea Merkel, lahir hari Sabtu 17 Juli 1954 di Hamburg (Jerman). Barack Hussein Obama II, lahir hari Jumat 4 Agustus 1961 di Honolulu (Hawai).

Kedua jawaban itu tidak dikeluarkan oleh Google, melainkan Wolfram Alpha. Inilah program penjawab yang tersedia gratis bagi siapa pun. Software Wolfram Alpha tidak mencari informasi, melainkan menghitung pertanyaan dengan bantuan jutaan kode matematika. Beberapa detik kemudian keluarlah jawaban super lengkap. Untuk pertama kalinya tembok tak tertembuskan berhasil ditembus, dan itu baru langkah awal. Revolusi penemuan terbesar di internet sejak Google.

Kalau kita ingin mendapat jawaban atas kata “ISS” (International Space Station), Google memberi 5,3 miliar jawaban, di antaranya International School Services, dsb. Wolfram Alpha cuma memberi satu jawaban:  International Space Station. Lengkap dengan peta luar angkasa, sejarahnya, dan di mana posisi aktual orbit ISS saat ini.

Mengapa koq sebuah mesin mampu mengerti pertanyaan? Bagaimana Wolfram Alpha berfungsi? Bagaimana mungkin komputer yang cerdas dengan mesin penjawab itu bakal mengubah total hidup kita? Beberapa tahun lagi?

SEMANTIK PERTAMA
Wolfram Alpha adalah software pertama di dunia yang dapat berpikir semantik. Ia mencari sendiri keterkaitan isi dan memberikan jawaban. Arti dari kata dan kalimat dikenal otomatis, lalu digabung. Hal ini belum berhasil dilakukan oleh Google. Software Wolfram Alpha tidak menelusuri informasi, sebagaimana yang dilakukan Google, melainkan menghitungnya. Ia bukan mesin pencari, melainkan mesin penjawab. Tepatnya: software untuk menghitung pengetahuan manusia. Sejak tahun 2006 lebih dari 30 miliar data dimasukkan ke dalam 10.000 (baca: sepuluh ribu) komputer server Wolfram Alpha oleh 200 orang pakar komputer.

Tim Wolfram Alpha juga membuat semacam software khusus yang secara otomatis menambah data aktual, semisal dari NASA atau pasar saham internasional secara terus-menerus tanpa henti. Konon, kode software-nya sudah melampaui 6 juta baris source codes! Ada proses penghitungan otomatis soal keterkaitan logis antara angka dan fakta yang ada di internet. Wolfram Alpha dibuat dan dikembangkan mulai tahun 2005 oleh Stephen Wolfram, fisikawan dari California Institute of Technology. Software ini mulai online sejak tahun 2009 lalu.

Kita sangat yakin, bahwa raksasa Google juga tidak tinggal diam. Setiap hari Google menelusuri 185 miliar data di semua bahasa (Wolfram Alpha cuma dalam bahasa Inggris). Google pasti juga melakukan riset algoritma semantik. Terjadilah perang antar para programmer yang sebenarnya. Medan perang mereka adalah internet. Kelihatannya tentara Wolfram Alpha ada di atas angin melawan pasukan Google. Jika kondisi terus begini, prediksi para pakar, minimal 10 tahun lagi mesin pencari Google akan tumbang digantikan mesin pencari Wolfram Alpha.

SISI GELAP MESIN CANGGIH
Beberapa tahun lagi, bukan tidak mungkin jika setiap orang secara online dapat langsung berhadapan dan mendapat pengetahuan pakar sejati dengan cepat. Saat inilah program mesin penjawab dapat menjadi senjata berbahaya. Mengapa bisa demikian? Jika ada hacker yang mampu menembus jendela pengetahuan dunia ini, dia bisa memasukkan informasi palsu yang lalu disebar ke seluruh dunia. Hacker yang berhasil menerobos masuk juga bisa memanipulasi berita dan peristiwa di muka bumi, memutar-balikkan angka emisi karbondioksida. Atau menjungkir-balik nilai kurs saham Wallstreet!

PERUBAHAN BESAR DI AMBANG PINTU
Beberapa tahun lagi, dengan menggandeng teknologi yang terus berkembang pesat, Wolfram Alpha akan mengubah keseharian kita. Saat itulah terjadi revolusi internet, revolusi mobile (benda bergerak) yang disebut Augmented Reality (realitas terkembang). Revolusi ini bukan ada di dunia maya lagi, tapi di alam nyata, di jalan-jalan, di mal, di sekolah, dll. Bakal ada dan dijual di mana-mana kacamata khusus, atau lensa mata, yang mampu memberikan informasi lengkap pada pemakainya mengenai obyek yang dilihat. Setiap dari kita yang punya profil tertentu, di Facebook misalnya, akan dapat langsung terlihat dan tertelusuri semua data pribadinya. Saat itulah dunia maya di internet akan menyatu dengan alam nyata keseharian kita, di mana pun kita berada.

SEBELUM LUPA
Ah ya, barangkali Anda ingin mencoba mesin penjawab Wolfram Alpha?  Kunjungi aja ke alamat ini http://www.wolframalpha.com. Masukkan kalimat pertanyaan Anda (sementara hanya tersedia dalam bahasa Inggris) dalam kolom yang ada. Selamat mencoba!

Leave a reply

error: Content is protected !!