seri: APAKAH TAKDIR ITU SUDAH DITENTUKAN? (1)

seri: APAKAH TAKDIR ITU SUDAH DITENTUKAN? (1)

Bagian Pertama: GURITA PAUL  

Sebelum gawang Jerman jebol oleh Tim Spanyol pada pertandingan sepak bola dunia 2010, sudah enam kali seekor gurita di Jerman meramal pemenang. Semua ramalan gurita yang diberi nama Paul tersebut tidak pernah meleset. Ramalan Pak Paul paling menghebohkan adalah Spanyol bakal menang atas Jerman. Banyak orang Jerman yang menertawakan sang gurita. Lha wong Jerman sudah menundukkan Inggris dengan skor 4:1, yang menjadi rekor kekalahan terbesar tim England. Belum lagi tim Argentina yang difavoritkan jadi juara dunia, harus puas dengan skor 0 setelah gawangnya dijebol 4 kali oleh si Panser.

Ternyata ramalan spektakuler dan paling menyedihkan bagi Jerman itu benar adanya. Bagaimana mungkin seekor gurita bisa begitu sakti? Atau kebetulan belaka, bahwa 6 kali ramalannya tidak pernah meleset? Apakah Tim Panser kalah karena terobsesi ramalan sang gurita? Apakah takdir itu benar ada? Benarkah, bahwa segala sesuatu sudah ditentukan?

Di zaman sekarang ternyata tetap banyak orang yang beranggapan, bahwa ada yang namanya takdir. Jalan hidup sudah ditentukan dari sononya. Kendati hal ini jarang dibicarakan, malu nanti dianggap percaya takhyul, namun jauh di sanubari, sementara orang meyakininya. Berdasarkan fakta, kolom astrologi tetap laris manis dibaca. Peramal kondang tetap punya langganan. Apakah masa depan sudah ditentukan? Jika ya, sejauh mana kita dapat mengetahuinya?

(bersambung ke Bagian Kedua: MASA DEPAN ITU TELAH PASTI! – Juni 2018)

Leave a reply

error: Content is protected !!