seri: APAKAH TAKDIR ITU SUDAH DITENTUKAN? (2)

seri: APAKAH TAKDIR ITU SUDAH DITENTUKAN? (2)

Bagian Kedua: MASA DEPAN ITU TELAH PASTI!

Minimal pertanyaan pertama sudah dijawab para fisikawan. Begini jawaban mereka (yang tidak kalah spektakuler): tentu saja masa depan itu sudah ditentukan!

Para fisikawan dan periset otak manusia sepakat menyatakan begini: masa depan itu sudah ditentukan sebagaimana masa lalu. Benarkah? Lantas muncul persoalan berikutnya, bagaimana kita dapat melihat masa depan?

Sejak abad ke delapan belas adalah matematikawan dan astronom Perancis Pierre Simon de Laplace (1749 – 1827) yang begitu terpesona oleh konsekuensi determinisme, sehingga ia menciptakan apa yang awalnya ia sebut sebagai “roh semesta”. Makhluk ini adalah makhluk imajiner, tidak nyata. Makhluk ini punya kecerdasan hebat tak terbayangkan dahsyatnya, yang tahu dengan sempurna suatu saat tertentu keadaan dunia fisik kasat mata. Di zaman ini para ilmuwan menyamakan pengetahuan tersebut sama dengan mengetahui setiap posisi dan kecepatan segenap atom, molekul serta unsur elemental di semua jagad raya.

Kelak apa yang pada awalnya dinamakan roh semesta buah pikiran Laplace ini menjadi simbol deterministik sempurna, yang meniadakan kebebasan berkehendak. Selain itu pandangan dunia yang sepenuhnya deterministik tidak kompatibel dengan temuan dari mekanika kuantum modern dan interpretasi statistiknya. Paling terkenal adalah ungkapan dari Albert Einstein “Tuhan tidak bermain dadu” (kalimat pada surat ke fisikawan Max Born yang ditulis Einstein pada tahun 1926). Tidak ada yang namanya kebetulan, karena segalanya sudah ditentukan. Sejauh mana kita dapat mengetahuinya? Sejauh mana kita dapat meramalkannya dengan jitu?

(bersambung ke bagian ke-3: Bagaimana Cara Mengetahui Masa Depan, Berbantuan Komputer?) – Juli 2018

Leave a reply

error: Content is protected !!