Kuis TV: Manusia Versus Komputer

Kuis TV: Manusia Versus Komputer

Mulai pertengahan Februari 2011 ada pertandingan seru di televisi Amerika Serikat. Sebuah supercomputer buatan IBM, Watson namanya, melawan 2 manusia pemenang terhebat suatu kuis tv. Inilah era baru kecerdasan buatan (artificial intelligent) komputer dalam kuis tv Jeopardy, ditayangkan tiap minggu dari hari Senin sampai Rabu.

Tidak main-main: Watson harus melawan 2 orang peserta terbaik sepanjang masa dari kuis-tv Jeopardy. Pertanyaan demi pertanyaan yang saling diajukan tidak segampang seperti yang kita lihat di acara kuis “Who Wants To Be A Millionaire”. Watson dan rival manusianya harus mampu menjawab berbagai pertanyaan yang jawabannya ruwet  seperti:

1) Apa yang dimulai tanggal 4 November 1979 dan berlangsung selama 444 hari?
2) Untuk bukti yang mana yang membuat terkenal biarawan Anselm?
3) Apa nama alat kantor yang di Prancis dikenal dengan sebutan Posauna karena bentuknya?

Apakah Anda tahu jawabannya? Watson cuma perlu waktu kurang dari 40 detik untuk menjawab ketiganya dengan tepat. Jika Anda belum dan ingin tahu, silahkan melihat jawabannya di bagian paling bawah info ini. Dari puluhan pertanyaan serupa, yang mampu menjawab lebih banyak itulah pemenangnya. Hadiah untuk pemenang? Satu juta dolar atau sekitar Rp 9 miliar.

Tahun 1997 silam nenek moyang Watson bernama Deep Blue pernah mengalahkan orang Soviet juara dunia catur Gary Kasparov dalam turnamen catur internasional. Sekarang Watson, sang cucu, tidak cuma pandai bermain catur, namun praktis segalanya. Otak Watson ibarat otak ratusan guru besar atau profesor dari praktis semua bidang ilmu pengetahuan.

Memori Watson diisi dengan semua novel yang pernah terbit di dunia ini, seluruh isi surat kabar Amerika sejak terbitnya dulu, semua fakta sejarah dunia dan seluruh isi wikipedia. Kalau dijumlah akan mencapai 200 juta halaman kertas ukuran A4 bolak-balik. Hasil yang diperoleh Watson biasanya mencapai ratusan kemungkinan solusi. Secara statistik Watson lalu mengawali dengan kata yang punya nilai kemungkinan terbesar sebagai calon jawaban. Otak Watson adalah sejumlah 2880 prosesor tercepat saat ini, dibantu oleh memori yang menempati 10 lemari besar.

Jawaban:
1) Penyanderaan warga Kedubes AS di Teheran oleh penguasa Iran.
2) Bukti adanya Tuhan.
3) Penjepit kertas (klamer).

Jangan lewatkan info yang terkait ini:

Mobil Pertama di Dunia Tanpa Pengemudi
http://www.sediadisini.com/trend-terkini/teknologi/529-mobil-pertama-di-dunia-tanpa-pengemudi

Kompai, Asisten Pribadi untuk Kakek dan Nenek
http://www.sediadisini.com/trend-terkini/teknologi/408-kompai-asisten-pribadi-untuk-kakek-dan-nenek

Ramalan Jitu Komputer Canggih
http://www.sediadisini.com/tahukah-anda/fakta/559-ramalan-jitu-komputer-canggih

Kapan Komputer Lebih Cerdas dari Manusia?
http://www.sediadisini.com/tahukah-anda/fakta/491-kapan-komputer-lebih-cerdas-dari-manusia

Leave a reply

error: Content is protected !!