Chip Komputer Melawan Kebutaan

Chip Komputer Melawan Kebutaan

Prof. Eberhart Zrenner dari Universitas Tübingen di Jerman telah berhasil mengembangkan sebuah micro-chip yang sanggup membuat orang hampir buta melihat kembali. Prof. Zrenner yang juga direktur lembaga riset mata tersebut melakukan riset hebat ini sejak tahun 1995 (!). Buah karya chip protese-neural berukuran 3×3 milimeter itu akan ditanam di bawah kulit mata. Sekitar 15 juta penderita di berbagai belahan bumi akan gembira mendengar kabar ini.

Sel bipolar yang ada di sekitar kulit mata akan distimulasi dengan arus listrik lembut. Sampai saat ini beberapa responden sudah menampakkan tanda-tanda kesembuhan. Mereka yang tadinya buta telah mampu membedakan garis horisontal dan vertikal, atau benda terang dan gelap.

Konon, penyakit kebutaan menimpa mereka yang menderita distropi kulit mata, di mana sel-sel peka cahaya berguguran. Pada micro-chip karya profesor dari Uni Tübingen itu terdapat 1500 dioda sangat peka cahaya. Dioda akan memancarkan sinyal pada saraf penglihatan, yang jalurnya dari mata ke otak. Pada uji perdana, pasien sudah bisa membedakan antara gambar dan tulisan di kertas. Kekurangan micro-chip ini cuma satu, daya listrik yang ia butuhkan harus dialirkan lewat kabel kecil, langsung mengarah ke mata. Wajah pasien akan mirip terminator yang sedang mengisi energi.

Dalam jangka pendek mendatang, penelitian akan dilanjutkan demikian rupa untuk mengembangkan suatu micro-chip berikutnya, sehingga penderita dapat lebih melihat. Misalnya berorientasi dalam ruang, bisa melihat benda-benda besar, dsb.

Untuk karya luar biasa tersebut, Prof. Dr. med. Eberhart Zrenner telah mendapat penghargaan Bartimaeus pada tahun 2006. Ini merupakan penghargaan yang diberikan setiap tahun oleh Direktorat Detroit Institute of Ophthalmology untuk kinerja ilmiah dalam bidang riset mata. Penghargaan itu diberikan tepatnya tanggal 15 Juni 2006 saat kongres dunia tentang Penglihatan Artifisial di Detroit, AS.

Anda yang membutuhkan info lebih lanjut dapat langsung menghubungi tim periset Prof. Dr. med. Eberhart Zrenner pada alamat di bawah ini (telpon negara Jerman berawal dengan +49) di kota Tübingen.

Universitätsklinikum Tübingen
Augenklinik, Pathophysiologie des Sehens und Neuro-Ophthalmologie
Prof. Eberhart Zrenner
Schleichstraße 12-16, 72076 Tübingen
Telepon +49 0 70 71 atau +49 29-8 47 86

atau melihat langsung ke website nya

Leave a reply

error: Content is protected !!