Seandainya Bulan Tidak Ada

Seandainya Bulan Tidak Ada

Apa yang bakal terjadi, seandainya bumi kita ini nggak punya bulan? Selain langit bakal gelap sepanjang tahun, apa saja sih kegunaan sang rembulan itu?

Ada 2 skenario: 1. Bumi tidak pernah memiliki bulan dan 2. Bulan tiba-tiba lenyap. Menurut teori tabrakan, bulan terbentuk dari bebatuan yang terlempar ke luar angkasa saat bumi tabrakan dengan sebuah planet bernama Theia sekitar 4,5 miliar tahun silam. Skenario pertama. Tanpa bulan planet kita akan terlihat sangat berbeda, jauh dari yang seperti kita kenal sekarang Permukaan bumi penuh ditutupi air, atmosfirnya padat dan panas. Makhluk hidup seperti manusia tidak bisa hidup dan berkembang-biak di lingkungan seperti ini.

Sesuai skenario kedua, ketika bulan tiba-tiba menghilang, akibatnya sungguh fatal.Tanpa bulan maka planet bumi akan berotasi 3 kali lebih cepat, termasuk atmosfirnya. Akan terjadi badai hebat, topan raksasa dengan kecepatan 500 kilometer per jam bakal menyapu seluruh planet, dan satu hari hanya akan berlangsung selama delapan jam.

Tanpa bulan maka tidak ada lagi yang namanya laut pasang atau laut surut. Selain itu poros bumi tidak stabil. Bumi ibaratnya sempoyongan, iklim dan cuaca juga berantakan. Khatulistiwa akan menjadi padang es, sejauh mata memandang. Wilayah kutub selatan dan utara sebaliknya akan menjadi gurun yang sangat panas dengan temperatur berkisar di 80 derajat.

Leave a reply

error: Content is protected !!