Bagaimana Membawa Diri di Office Party?

Bagaimana Membawa Diri di Office Party?

Menghadiri pesta yang diadakan oleh kantor Anda? Ah, rupanya pihak kantor memberi kesempatan untuk merayakan liburan atau kesempatan lain dengan-rekan kerja. Saatnya untuk bersenang-senang. Tapi hati-hati. Jangan terlalu berlebihan menjalaninya. Demikian saran para pakar manajemen. Sebuah studi membuktikan, bahwa kita wajib memperhatikan batasan-batasan tersebut.

Apa saja batasannya?

1. Jangan Minum Terlalu Banyak
Alkohol menurunkan kemampuan Anda untuk mengontrol diri sendiri dan dapat mengubah cara Anda menilai sesuatu. Hal ini dapat membuat Anda melakukan sesuatu yang mungkin disesali nantinya. Bahkan jika Anda berpikir Anda bisa menangani konsumsi alkohol dengan cukup baik, tetap cobalah batasi konsumsi minuman campuran alkohol atau mungkin segelas anggur saja cukup. Ingat, persepsi dapat berarti segalanya di lingkungan pekerjaan. Anda tidak ingin terlihat seperti Anda minum terlalu banyak, bahkan jika sebenarnya alkohol memiliki pengaruh yang kecil pada Anda.

2. Jangan Memakai Pakaian Sugestif
Jika Anda tidak akan memakainya ke kantor, sebaiknya Anda juga tidak memakainya ke Office Party. Tentu saja, pakaian Anda dapat lebih meriah dan casual daripada yang Anda pakai untuk bekerja, tetapi pakaian Anda tetap haruslah sopan.

3. Jangan Biarkan “Tembok Pertahanan” Terbuka
Orang-orang cenderung bersantai di pesta kantor. Ketika santai, ada kemungkinan kita membiarkan “tembok pertahanan” kita terbuka sedikit dan mulai mengungkapkan hal-hal tentang diri kita yang sebenarnya kita tidak ingin rekan kerja kita tahu. Alkohol berpotensi membuat Anda melakukan ini, jadi pastikan untuk membatasi konsumsi minuman beralkohol.

4. Jangan Gunakan Lelucon-lelucon yang Tidak Pantas
Aturan ini berlaku di dalam dan juga di luar kantor. Lelucon kasar atau yang berhubungan dengan subjek seksual mungkin bisa menyinggung perasaan orang lain, dan Anda tentu tidak mau ini terjadi bukan?

5. Jangan Gunakan Bahasa yang Tidak Berkenan
Anda mungkin merasa sedemikian nyamannya di Office Party sampai Anda lupa Anda adalah karyawan di kantor Anda, dan mulai menggunakan kata-kata yang kurang pantas. Jaga jangan sampai itu terjadi, karena bisa membuat Anda terlihat tidak profesional.

6. Jangan Bicara Tentang Orang Lain di Belakang Mereka
Hanya karena seorang rekan kerja Anda tidak hadir dalam pesta, bukan berarti Anda jadi punya alasan untuk berbicara yang jelek-jelek tentang dia di belakangnya. Selain fakta bahwa itu jelas hal yang tidak etis, teman-teman orang ini bisa saja hadir, memberitahunya, dan kata-kata Anda itu bisa berbalik menghantam Anda sendiri.

7. Jangan Bawa Tamu (yang Sebenarnya) Tak Diundang
Seringkali pihak kantor hanya mengundang karyawan internal dalam Office Party. Jangan berasumsi apa-apa untuk membawa orang dekat Anda (misal: pacar) atau orang lain tanpa meminta ijin terlebih dahulu.

8. Jangan meremehkan Pentingnya Perilaku Tamu Anda
Jika dibolehkan untuk membawa tamu, pilihlah orang yang anda ajak dengan bijak. Undanglah seseorang yang Anda yakin akan berperilaku santun. Dia juga harus mengikuti aturan yang sama yang berlaku pada Anda.

Leave a reply

error: Content is protected !!