Berpikir Positip Membuat Sakit (Jiwa)

Berpikir Positip Membuat Sakit (Jiwa)

Aneh kan, pikiran positip koq bisanya membuat sakit jiwa. Apa bukan sebaliknya? Inilah judul buku (ISBN 3-8218-3904-X) yang ditulis oleh Guenter Scheich. Pengarang mengkonfrontir janji-janji palsu berpikir positip dengan fakta dari praktek ilmiah psikoterapis. Ia menunjukkan dari beberapa studi kasus, mengapa janji sukses dan muluk dari motivator terkemuka seperti Dale Carnegie, Joseph Murphy, Norman Vincent Peale, dan motivator lainnya tidak dapat dipegang buntutnya. Sebaliknya malah membuat berantakan hidup manusia yang labil psikisnya.

Berpikir positip merupakan metode totaliter, yang membuat sakit jiwa manusia, karena ia harus mengikuti moto yang tak bisa direalisasi.

ISI BUKU, antara lain:
* Apa yang diinginkan dengan cara berpikir positip.
* Para “Nabi” berpikir positip (Dale Carnegie, Joseph Murphy, Norman Vincent Peale, Erhard Freiteg).
* Tuntutan dan kebenaran cara berpikir positip (pikiran sebagai kekuatan yang menentukan; tujuan mimpi; setiap orang itu penentu keberuntungannya sendiri; mengapa metode berpikir positip tidak berhasil)
* Bisnis dengan cara berpikir positip (banjirnya buku-buku tentang berpikir positip; kelompok sasaran ideal: para manajer)
* Psikoterapi ketimbang cara berpikir positip (bagaimana fungsi psikoterapi; alternatip adalah psikoterapi; problem kekhawatiran terbesar manusia; lingkaran setan depresi)
* Bahayanya pelatihan motivasi (selamat datang di bisnis raksasa)

Leave a reply

error: Content is protected !!