Mengapa Kesebelasan Terdiri dari 11 Pemain?

Mengapa Kesebelasan Terdiri dari 11 Pemain?

Pada abad pertengahan, sebuah tim sepakbola di Inggris terdiri dari seluruh penduduk pria sebuah desa (atau kota kecil) melawan desa lain. Jadi bisa ratusan pemain! Tujuannya adalah menggiring bola sampai masuk ke gerbang desa lawan. Jaraknya dapat mencapai puluhan kilometer, tergantung dari jarak antar desa atau kota. Sepakbola sebagai olahraga yang mirip dengan saat ini baru terjadi sejak ia pada abad 19 digunakan oleh para mahasiswa elit universitas di Inggris sana.

Tahun 1863 ditulis aturan main perdana yang cukup rumit, tetapi belum menyentuh banyaknya pemain, namun sudah diberi nama resmi kesebelasan. Yang unik, Trinity College dari Universitas Cambridge pada tahun 1864 mengirim tim kesebelasannya berjumlah 14 pemain untuk berlaga melawan tim Eton. Sehingga dalam lapangan sepakbola ada 28 pemain yang bertanding. Mengapa lantas jumlah pemain susut menjadi 11 orang? Kemungkinan besar karena kamar tempat kos para mahasiswa diisi oleh 11 orang. Satu kamar dianggap ekuivalen dengan 1 tim. Sejak tahun 1870 setiap tim pertandingan sepakbola terdiri dari 11 orang, termasuk kiper.

Di negara Jerman jumlah pemain setiap tim pada mulanya 15 orang, yang dirintis oleh Konrad Koch, guru olahraga dari Braunschweig. Seiring dengan berjalannya sang waktu, ternyata aturan asal Inggris yang diresmikan oleh asosiasi sepakbola Inggris lebih di atas angin. Sampai hari ini setiap tim kesebelasan sepakbola terdiri dari 11 pemain.

Satu lagi: kendati Inggris dianggap sebagai ibu kandung sepakbola, namun penemu permainan sepakbola sebenarnya adalah Tiongkok!

Leave a reply

error: Content is protected !!