Menolak Undangan Secara Sopan

Menolak Undangan Secara Sopan

Kadang lebih gampang mengabaikan undangan yang datang, berbuat seolah lupa atau tidak menerimanya. Namun dari segi etika, sebaiknya memberitahu seandainya kita berhalangan datang. Bagaimana jika undangan diberikan langsung secara lisan? Dan seandainya kita dari awal sudah memutuskan tidak akan hadir?

Gampang! Anda bisa mengatakan bahwa Anda harus memeriksa agenda di kantor atau di rumah untuk melihat apakah Anda bisa hadir. Pada hari yang sama atau keesokan harinya Anda dapat menelepon dan mengatakan bahwa Anda tidak akan dapat menghadirinya karena Anda sudah punya agenda lain yang tidak mungkin dapat dibatalkan.

Jika Anda diundang melalui e-mail, atau situs jejaring sosial seperti Facebook atau Myspace, cobalah untuk menjawab sesegera mungkin supaya pihak yang mengundang tahu bahwa Anda tidak akan hadir. Dalam situasi ini, Anda tidak perlu membuat alasan tertentu. Katakan saja Anda tidak akan hadir.

Jika Anda menerima undangan formal melalui pos, sangat penting untuk memberikan tanggapan secepatnya. Umumnya, tipe undangan seperti ini diberikan untuk peristiwa penting, seperti pernikahan. Satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mengirimkan hadiah kecil dengan kartu ucapan di dalamnya. Nah, di situ Anda bisa menuliskan ucapan maaf tentang ketidak-hadiran Anda.

Terakhir, yang perlu diingat, adalah santun untuk memberikan tanggapan (baik menyatakan akan datang atau tidak) terhadap undangan yang diberikan, agar tidak mengecewakan orang yang mengundang.

Leave a reply

error: Content is protected !!