Pada Pesta Ultah Anak: 10 Kasus ini Perlu Anda Hindari!

Pada Pesta Ultah Anak: 10 Kasus ini Perlu Anda Hindari!

Sebuah perusahaan kembang gula terkenal di Eropa pernah memberi order pada stasiun TV Luxemburg untuk melakukan studi riset mengenai pesta ulang tahun anak balita dan anak sampai usia 7 tahun. Salah satu hasil studi selama 4 bulan dengan 80 responden pilihan itu menyangkut perilaku kita sebagai orang tua saat menyongsong pesta ultah anak tercinta. Sikap dan tindakan seperti apa dan bagaimana yang terbaik? Sesungguhnya pesta ulang tahun anak sangat gampang diselenggarakan, jika orang tahu apa saja yang seharusnya tidak dilakukan. Berikut ini 10 kesalahan yang kerap dilakukan orang tua dan bagaimana menghindarinya.

Kasus 1: Membuka Hadiah Sembarangan
Hadiah adalah sarana yang sangat penting untuk membuat anak gembira. Sebab itu sebaiknya hati-hati saat membuka pembungkusnya. Jangan sekali-kali menyobek pembungkus kado sembarangan begitu sang pemberinya tiba. Adakan satu acara membuka hadiah secara bersama-sama, tepat sebelum pesta minum jus coklat dan makan kue dimulai. Dengan demikian anak-anak lain bisa melihat kado apa yang didapat teman yang sedang ulang tahun.

Kasus 2: Wilayah Pesta di Kamar Anak
Kamar anak bukan tempat untuk main playstation atau game komputer saat pesta ulang tahun! Seandainya bisa menampung semua tamu, mengapa tidak. Tetapi jika ada satu dua anak yang memisah diri dalam kelompok kecil, maka sebaiknya kamar anak dilarang digunakan sebagai wilayah pesta. Situasi bakal tidak enak sebab tak ada rumusannya merayakan sebuah pesta terpisah sendiri-sendiri. Kelompok yang satu di ruang tamu, kelompok lain di kamar anak.

Kasus 3: Terlalu Banyak Tamu
Sedikit tamu itu baik. Makin sedikit bakal lebih baik lagi, sampai angka minimal. Yaitu 5 tamu undangan. Ini berlaku bagi jumlah tamu-tamu kecil. Satu rumus berikutnya: usia anak menentukan jumlah tamu undangan. Anak yang masih kecil umumnya bakal stress jika terlalu banyak tamu datang di hari ulang tahunnya. Usia anak Anda 5 tahun? Maksimal 7 temannya saja yang diundang!

Kasus 4: Hadiah yang Sama Untuk Semua
Harus ada hadiah pada saat akhir lomba, jika lomba memang dijadikan salah satu acara. Karena itu pemenang mendapat tambahan hadiah istimewa. Yang lain tentu mendapat hadiah pula, tapi lebih sedikit istimewanya. Jangan sampai Anda membuat kesalahan, dengan memberikan hadiah yang sama. Jangan sampai Anda menyama-ratakan pemenang, peserta, dan yang kalah. Keadilan harus ada, tapi penyamaan tidak punya tempat di dunia akan-anak. Nomor satu alias pemenang adalah nomor satu. Titik.

Kasus 5: Bingkisan Giveaways yang Ruwet
Hadiah-hadiah mini mampu merekatkan persahabatan dan juga mendongkrak kecerian para tamu kecil. Tetapi hindari pemberian hadiah yang terdiri dari banyak bagian seperti mini-puzzle. Jauh lebih baik misalnya mainan hewan plastik atau mobil mini terbuat dari kayu. Ukuran fisik hadiah giveaways alias untuk dibawa pulang sebagai kenangan itu tidak perlu besar-besar. Yang penting: tidak terdiri dari bagian-bagian kecil.

Kasus 6: Undangan Wajib
Biarkan anak Anda memutuskan sendiri, siapa saja yang bakal diundang, kendati Anda merasa berat hati. Tidak perlu Anda membuat buah hati gundah-gulana dengan, misalnya mengucapkan kalimat semacam “Lho, kamu dulu kan juga diundang oleh Tante Enny!” Waduh, anak Anda disuruh mengundang Tante Enny? Si cerewet yang suka perintah ini-itu pada anak-anak? Yang terkenal dengan sikap easygoing-nya? No, no, sanggah anak Anda. Dari kacamata orang dewasa, undang-mengundang kenalan baik macam si Anu atau si Ana itu lumrah. Namun dunia anak melihatnya dari berbagai sisi lain. Lebih baik Anda bicarakan baik-baik jika ada persoalan semacam itu. Namun keputusan akhir harus ada di tangan anak Anda. Ini merupakan salah satu cara untuk membuat dia dewasa.

Kasus 7: Keluarga Dewasa Ikut Merayakan
Pesta anak dan obrolan atau diskusi orang dewasa tidak pas diadakan bersama-sama. Sebaiknya kita realistis: tidak mungkin kita bisa ngobrol bebas atau diskusi serius dengan Tante Yuni jika anak Anda yang bintang pesta berumur 5 tahun juga minta ditemani. Seandainya pun suatu pesta orang dewasa bisa berlangsung berhari-hari, pesta ulang tahun anak sebaiknya betul-betul dilakukan terpisah.

Kasus 8: Permainan yang Rumit
Simpan saja jenis-jenis permainan sulit di lemari. Di dunia anak berlaku: semakin gampang dan sederhana, kian baik. Anak sampai usia 6 tahun belum punya kemampuan agar telaten dan konsentrasi, apalagi saatnya pesta dan bersenang-senang. Semua perhatian utama bakal tertuju pada (1) makanan dan minuman; (2) hadiah saat dilakukan lomba; (3) hadiah atau bingkisan kecil untuk dibawa pulang.

Kasus 9: Para Ortu Tamu Ikut Merayakan
Tidak ada minuman dan makanan khusus bagi ortu pengantar dan penjemput tamu anak Anda. Jangan sekali-kali ikut mengundang ortu teman anak Anda untuk merayakan pesta ulang tahun. Sebab hal tersebut akan membuat pesta berjalan terlalu lama. Ini adalah pestanya anak, bukan orang dewasa! Ortu cukup mengantar di balik pintu, lalu bye-bye. Yang diundang dan yang pesta adalah anak-anak, bukan orang dewasa. Karena itu pastikan dalam undangan, pesta ultah anak Anda itu berlangsung berapa lama. Misalnya selama 2 jam, dari pk 17.00 sampai pk 19.00.

Kasus 10: Terlalu Banyak Pilihan Makanan dan Minuman
Nasehat para pakar anak: sediakan seminimal mungkin ragam makanan dan minuman. Kedengarannya aneh? Tapi itulah yang sangat logis. Bayangkan Anda menyediakan 8 macam permen, 6 jenis sirup, dan 5 ragam kue coklat untuk pesta ultah anak Anda. Bayangkan pula besarnya stres Anda saat menyiapkannya. Bayangkan pula para tamu anak Anda cuma mengambil satu jenis makanan atau minuman favorit sehingga bakal habis duluan. Berapa anak yang belum dapat jatah kue kegemaran tetapi kalah sigap sehingga kehabisan? Adalah jauh lebih baik jika Anda menyediakan 2 macam minuman, satu macam kue, dan 2 macam kembang gula. Anda akan saksikan, setiap anak akan mendapat bagiannya. Dalam sebuah pesta anak, makanan dan minuman yang dinikmati bersama terasa lebih nikmat. Kualitas lebih penting daripada kuantitas!

Leave a reply

error: Content is protected !!