Pengaruh Jejaring Sosial pada Kehidupan Sehari-hari

Pengaruh Jejaring Sosial pada Kehidupan Sehari-hari

Apakah kita melupakan kegiatan sehari-hari saat sedang asyik ber-facebook ria? Atau kecanduan twitter? Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka semakin sering menggunakan situs jejaring sosial untuk berkomunikasi. Facebook dan Twitter memang bermanfaat namun apakah kita terlalu banyak mengandalkan pada komunikasi melalui kabel? Apakah kita kehilangan seni percakapan?

Para ahli mengatakan bahwa meletakkan komentar pada wall seseorang di Facebook tidak dapat dihitung sebagai percakapan. Konsep fundamental dari persahabatan terletak pada orang-orang yang benar-benar melihat wajah satu sama lain. Anda mendapatkan sesuatu dari pertemuan face-to-face yang tidak bisa Anda dapatkan dari pertemuan online, contoh yang paling nyata adalah kontak fisik.

Apakah emoticon bergambar si kuning dengan pelukannya yang dikirimkan untuk mendinginkan Anda yang sebenarnya sedang marah dapat dibandingkan dengan pelukan fisik? Sifat jarak jauh dari kontak online juga menimbulkan masalah mengenai bagaimana orang menginterpretasikan apa yang Anda katakan. Dan pada saat konflik muncul di dunia maya, banyak orang tergoda untuk mengatakan apa saja yang mereka inginkan, dengan mengetahui bahwa mereka tersembunyi dan dapat bersembunyi di balik layar komputer.

Satu lagi, email dikatakan sebagai strategi penghindaran utama di tempat kerja. Banyak orang mengirim email ke rekan kerja saat mereka bisa saja dengan mudah berjalan dan berbicara dengan orang tersebut. Masalahnya dengan email adalah bahwa kata-kata yang tertulis dapat dilihat sebagai ungkapan yang lebih agresif dari apa yang ada dalam pikiran seseorang. Satu lagi bahaya kebiasaan menangani semua komunikasi secara elektronik, ketika Anda harus memimpin rapat atau berbicara dengan atasan Anda tentang kenaikan gaji (secara fisik), Anda dapat merasa bahwa itu seperti sebuah lompatan besar. Karena Anda begitu terbiasa dengan komunikasi elektronik. Jika Anda cemas tentang cara berbicara Anda kepada orang-orang di kantor, cara terbaik untuk menjadi lebih baik tentu dengan praktek. Daripada mengirim email ke rekan kantor, cobalah untuk menelepon. Mengenai jadwal meeting singkat, coba juga untuk mengetuk pintu beberapa peserta rapat dan ngobrol dengan mereka mengenai waktu dan tempatnya.

Situs jejaring sosial adalah cara mudah untuk ‘mengenal’ seseorang dalam suatu hubungan, tapi ingat bahwa kita hanya melihat apa yang mereka pilih untuk diperlihatkan. Sangat mudah untuk menciptakan identitas online yang ideal, sisi terbaik dari Anda. Itulah mengapa begitu penting untuk menghabiskan waktu bersama secara pribadi, sehingga Anda mendapatkan gagasan yang realistis dari orang-orang yang memiliki interaksi dengan Anda. Jika hubungan Anda baik secara online tapi koq tampaknya datar secara pribadi, saatnya untuk menyadari realitas dan melakukan sesuatu guna memperbaikinya.

Leave a reply

error: Content is protected !!