Resep Jitu Anti Ngantuk di Ruang Kelas

Resep Jitu Anti Ngantuk di Ruang Kelas

Kalau bisa berkonsentrasi dengan baik di dalam ruang kelas, tentu akan mudah menguasai materi yang diberikan oleh pengajar. Tapi, bagaimana caranya menjaga tingkat konsentrasi di dalam ruang kelas? Ada beberapa resep dari para pakar anti ngantuk yang dapat segera diterapkan. Hari ini!

1. Tidur yang nyenyak
Siswa harus mendapatkan setidaknya delapan jam tidur setiap malam. Namun, sulit untuk mempertahankan kebiasaan tidur yang baik. Cobalah mengatur waktu tidur rutin, dan tidur pada jam yang sama setiap malam. Pikiran tidak akan mampu berkonsentrasi kalau malamnya tidak cukup tidur.

2. Makan sarapan yang sehat
Makan makanan bergizi di pagi hari dapat memberikan energi yang segar untuk hari itu. Ingat, sarapan yang sehat tidak harus berarti sarapan besar. Dua potong roti, jus jeruk segar (dengan pulp, jika mungkin) dan disertai telur rebus adalah contoh dari sarapan yang baik. Atau, sepiring nasi dengan lauk secukupnya. Jika sarapan cukup, kita akan merasa lebih bersemangat dan tidak mengantuk sepanjang hari. Konsentrasi dan memusatkan perhatian akan menjadi lebih mudah.

3. Hindari ngobrol kasak-kusuk di kelas dengan teman-teman
Meskipun keinginan untuk ngobrol dengan teman-teman sangat menarik, cobalah untuk menghindari godaan ini. Bicara dengan teman-teman tidak akan membuat fokusmu tetap pada pelajaran, malah sebaliknya. Ini tidak hanya bisa membuat kamu mendapatkan masalah (misalnya, memulai keributan di kelas), tetapi juga mampu menurunkan tingkat konsentrasi secara drastis. Rugi, kan?

4. Singkirkan setiap gangguan lainnya
Sebagian dari kita sangat mudah teralihkan, dan itu sangat wajar. Masalahnya berkembang ketika gangguan menjauhkan kita dari perhatian pada pelajaran. Apakah botol air minum yang mengalihkan perhatianmu? Segera pindahkan sang penggoda dari mejamu. Bagaimana dengan permen karet yang sedang dikunyah? Buanglah itu dan mulai mencatat pelajaran. Usahakan semaksimal mungkin untuk menghilangkan gangguan ini (bahkan jika pada awalnya kamu merasa berat). Tidak lama, perhatianmu pasti akan terpusat pada guru.

5. Lihatlah guru, dan lakukan kontak mata
Gurumu bukan hanya berdiri di sana untuk mengoceh. Dia jelas berusaha untuk memberikan pendidikan dan berharap muridnya menerimanya dengan baik. Tunjukkan kepada guru bahwa siswanya punya perhatian penuh. Caranya? Lihat mata mereka saat menerangkan. Amati gerakan mereka. Jika kamu merasa matamu berlarian kesana kemari, ke sesuatu yang lain di ruangan itu, tahan diri dan fokus kembali pada wajah guru. Dia memiliki perhatian penuh pada setiap waktu selama kelas berlangsung. Mata kita, terlebih pikiran kita, seharusnya tidak hanyut ke tempat lain.

6. Ketahui tujuanmu sekolah
Semua guru memberitahu siswa tujuan dari pengajaran subjek yang diberikan, pada awalnya. Misalnya, subjek bahasa Indonesia. Jika memungkinkan, tuliskan tujuan ini pada saat kamu mendengarnya. Apa yang perlu dilakukan hari ini? Apa yang akanĀ  dipelajari? Bagaimana supaya tetap konsentrasi dan fokus pada saat ini? Tetapkan tujuan untuk diri sendiri, dan ingatkan dirimu mengenai tujuan pengajaran di kelas. Dengan cara ini, kamu bakal tahu persis apa yang harus dilakukan.

7. Mencatat
Dengan mengambil catatan akurat, kamu akan dapat “masuk ke” pelajaran. Kenali poin kunci pada saat guru berbicara, dan dengarkan frase kunci seperti, “Ini penting,” “Ini adalah gagasan utama,” “Ini akan akan diuji,” dll. Ini dapat membantumu mendengarkan lebih seksama. Satu lagi, biasanya yang ditekankan guru itu akan menjadi bahan ulangan dan/atau ujian! Ini sudah jadi rahasia umum.

8. Terlibat dalam diskusi kelas
Ini adalah cara yang sangat baik untuk menjadi seorang murid sukses. Ketika seorang guru mengajukan pertanyaan, tawarkan diri untuk menjawabnya. Jika dia meminta pendapat, cobalah untuk menyerukan pendapatmu. Hal ini menunjukkan kepada guru bahwa kamu mendengarkan dengan penuh perhatian selama kelas berlangsung. Dan yang lebih penting, kamu sangat menghargai penjelasan guru. Hal ini juga dapat membantumu menghindari saat-saat memalukan, bila kedapatan dipanggil dan kamu sedang melamun. Selain itu, guru tentu akan mengingat kamu yang telah berkontribusi secara aktif di kelas. Jika yang lain duduk, berdirilah! Jadilah yang lain, jadilah yang istimewa.

9. Ajukan pertanyaan
Jika kamu kurang memahami sesuatu, JANGAN PERNAH takut untuk bertanya. Ini benar-benar menunjukkan pada guru, bahwa kamu ingin menjadi lebih baik. Kamu ingin dapat mengenali hal-hal yang menurutmu sulit. Kemungkinan cukup besar bahwa orang lain di kelas memiliki pertanyaan yang sama (dan terlalu takut untuk bertanya!). Begitu guru memberikan jawabannya, mereka akan lega, dan begitu juga kamu.

Leave a reply

error: Content is protected !!