Enam Job Paling Dibutuhkan

Enam Job Paling Dibutuhkan

Job mana sih yang akan dibutuhkan di masa depan. Sepuluh tahun lagi? Situasi dunia serba tidak menentu. Tapi ada satu kepastian: ancaman pemanasan global. Ini merupakan sebuah aspek internasional yang akan mengubah struktur sosial ekonomi masyarakat dunia. Ketika krisis finansial beberapa tahun lalu, ternyata dunia butuh pakar analisis dengan perspektif baru. Mereka yang tidak bisa mengikuti perkembangan zaman akan terdepak dengan sendirinya. Mereka yang kurang mamapu menyesuaiakan diri dengan kebutuhan masa depan akan sangat sulit mendapat pekerjaan yang sesuai pendidikannya. Secara umum dapat dikatakan, bahwa calon mahasiswa yang punya minat terhadap teknologi, tidak anti matematika dan menyukai fisika atau kimia, bakal memiliki perspektif pekerjaan yang bagus. Sebaliknya beberapa bidang pekerjaan lain akan dipenuhi dengan para pensiunan karena faktor usia. Dari berbagai sumber dapat dihimpun bahwa beberapa pekerjaan di bawah ini akan diperlukan.

RANKING 1:
INSINYUR TEKNOLOGI ENERGI TERBARUKAN
Jumlah sarjana teknik tipe yang satu ini tidak sebanding dengan permintaan, yang kian bertambah. Khususnya mereka yang punya keahlian soal teknologi di bangunan dan energi ramah lingkungan. Belum banyak perguruan tinggi di dunia yang membuka program studi yang akan sangat diperlukan pada masa dekat mendatang. Sebab ancaman pemanasan global sudah harus diantisipasi dengan pembekalan teknologi yang memadai. Kota-kota metropolitan yang akan dibangun di atas lautan sangat membutuhkan sarjana teknik yang punya keahlian dalam teknologi pendinginan dan pemanasan. Pendinginan untuk mengatur suhu ruangan besar dan perkantoran. Pemanasan diperlukan untuk rumah kaca tempat dibudi-dayakannya tanaman tropis. Bidang studi sarjana teknik masa depan ini akan dipenuhi oleh mata ajaran seperti matematika, fisika, thermodinamika, klimatologi, teknologi arus, dan elektro.

RANKING 2:
SEKURITI di IT: Penjaga Data & Informasi
Pengamanan data kian menjadi tematik penting, sebab internet makin menguasai berbagai aspek kehidupan. Sistem jaringan yang publik ini pasti tidak lepas dari perbuatan mereka yang berkehendak melakukan tindak kriminal. Perusahaan besar mau tidak mau harus mengamankan data dan informasi peka mereka. Tidak bisa tidak, sebab mereka mau tidak mau harus online. Virus komputer dan malware baru terus bermunculan. Ratusan miliar email berseliweran setiap hari. Sekitar 40% dari spam-mail mengandung malware yang bisa melakukan hal-hal buruk pada komputer Anda. Jumlah ini besar sekali mengingat 95% email di dunia adalah spam alias sampah. Kepakaran dan profil pekerjaan sebagai pakar keamanan IT sampai hari ini belum ada. Mayoritas pakar keamanan berasal dari kaum hacker, yang sebagian besar belajar secara otoditak. Studi informatik tetap menjadi salah satu landasan dasar agar nantinya mampu menggaet job yang bagus. Pengembang software juga menjadi salah satu top-job pada masa 10 tahun mendatang.

RANKING 3:
EKONOM ANALITIS & MATEMATIKA-EKONOMI
Krisis ekonomi global telah menunjukkan, betapa tingginya kebutuhan lembaga keuangan akan ekonom pakar analisis. Sejak itu kemampuan untuk melakukan prediksi risiko dan kesempatan menjadi trend hebat. Khususnya lembaga asuransi (misalnya untuk memprediksi produk bagi lansia) dan perbankan butuh pakar matematika yang memahami ekonomi. Namanya matematika-ekonom. Mereka yang punya minat terhadap statistik dan gemar berhitung adalah syarat dasar untuk sukses apabila mengambil bidang yang satu ini.

RANKING 4:
PAKAR MEKATRONIK: MEKANIKA & ELEKTRONIK
Apa tugas job yang satu ini? Kalau kita amati mobil baru, tampak betapa komponen elektronik semakin berjibun di dalamnya. Merawat atau memperbaiki bagian ini tidak bisa dilakukan oleh montir konvensional. Karena itu produsen maobil mencari orang yang mampu menangani kerusakan bagian elektronika dalam mobil. Nama asli job bidang ini: Mechatronic. Gabungan dari mekanik dan elektro. Lulusan jurusan ini harus cekatan pula dalam pekerjaan praktis seperti membuka sekrup, solder, atau las. Kecakapannya juga mencakup sistem hidraulik. Syarat mendasar agar lulus adalah minat di matematika dan fisika, selain kecakapan praktis.

RANKING 5:
AHLI NUTRISI PEMBUAT & PENGONTROL TEKNOLOGI
Semakin diperlukan adalah pakar nutrisi yang punya kemampuan mengolah makanan dan minuman untuk balita dan penderita diebetes atau alergi. Manusia (konsumen) semakin menyadari pentingnya kesehatan makanan. Apa saja yang terkandung di dalamnya, selain expired date, yang dianggap membahayakan kesehatan, tidak akan dibeli. Meliputi bahan pengawet, pemanis buatan, dsb. Tidak bisa dilepaskan adalah bio produk alami, makanan herbal, dan pengolahan sehat bahan makanan tanpa bahan pengawet (tapi mampu tahan lama). Bidang pekerjaan ada di mal, produksi makanan, kontrol kualitas dan sektor logistik bahan pangan. Pakarnya dibutuhkan di pengolahan daging, peternakan (yang menghasilkan susu), pabrik gula, kopi, teh, dsb. Syarat dasar supaya sukses adalah minat yang tinggi pada mata ajaran kimia.

RANKING 6: DOKTER UMUM & SPESIALIS, DOKTER GIGI
Dalam film berjudul 2057 buatan Discovery Channel ditayangkan, betapa pada tahun 2057 kesehatan merupakan faktor nomor 1 di dunia. Tenaga dokter akan sangat dibutuhkan dan kesehatan itu sangat mahal. Sampai-sampai ada dept-collector yang tugasnya bukan menagih hutang kartu kredit, melainkan sebagai penjaga kesehatan, pengingat bengis kapan minum obat, senam sehat, dsb. Gara-gara perubahan cuaca yang sangat cepat ini akan muncul penyakit-penyakit baru. Manusia kian rentan dan gampang sakit. Semua itu butuh dokter yang menangani kesehatan masyarakat. Juga pakar saraf (psikiater), psikolog, dan radiologi akan sangat diperlukan di masa mendatang. Kesehatan akan semakin mahal.

Leave a reply

error: Content is protected !!