Planet Terkecil di Sistem Tata Surya

planetSelama beberapa dekade, kita sering mendengar para guru saat menerangkan pelajaran astronomi, bahwa sistem tata surya kita punya 9 planet. Kita hafal dengan nama ke-9 planet itu (atau sudah lupa?). Dimulai dari planet Merkurius yang paling dekat matahari sampai planet Pluto, planet terkecil yang membutuhkan waktu 200 tahun untuk sekali orbit mengelilingi matahari. Pluto sendiri sudah tidak lagi dianggap sebagai sebuah planet.

Jadi kalau ada pertanyaan dari para guru, planet apa yang paling kecil? Sampai dengan beberapa tahun silam jawabannya adalah Pluto. Sebab saat itu sistem tata surya kita masih (dianggap) terdiri dari 9 planet dan Pluto merupakan yang paling kecil sekaligus paling luar. Namun pada 24 Agustus 2006 Majelis Umum Persatuan Astronomi Internasional dalam konferensi di kota Praha telah memutuskan, Pluto bukan planet sehingga sistem tata surya kita hanya memiliki 8 planet.

Dengan demikian planet terkecil bukan lagi Pluto, namun Merkurius, planet paling dekat matahari. Merkurius dengan diameter 4900 kilometer betul-betul kerdil dibandingkan planet yang lebih besar berikutnya, Mars dengan diameter 6800 kilometer.

error: Content is protected !!