Kota Terbesar di Dunia

Bombay, Tokyo, Chongqing, atau New York?

Setiap jawaban adalah benar, tergantung dari makna kata terbesar. Besarnya apa? Dipandang dari pusat kota, tanpa wilayah pinggiran, maka kota terbesar di dunia adalah Bombay dengan populasi resmi 12 juta orang, namun diperkirakan melampaui 14 juta jiwa. Tingkat kepadatan penduduknya mencapai lebih dari 27.000 jiwa per kilometer persegi, terpadat di dunia! Namun jika dilihat dari seluruh wilayah metropolitan, maka Tokyo adalah kota terbesar di dunia. Lebih dari 35 juta jiwa tinggal di Tokyo.

stadtTapi ukuran besar tidaknya sebuah kota juga bisa dilihat dari luasnya. Secara administratif Chongqing adalah kota terbesar di dunia. Luasnya 82.000 kilometer persegi, sama dengan luas negara Austria! Sebagian besar Chongqing, sekitar 98%, merupakan wilayah pedesaan dengan populasi 31,8 juta jiwa, tetapi kepadatannya cuma 386 jiwa per kilometer persegi.

Dilihat dari sisi metropolitan, maka New York merupakan kota terbesar di dunia dengan luas pusat kota 17.000 kilometer persegi. Sebagai perbandingan, pusat kota Tokyo sendiri cuma 2.200  kilometer persegi.

error: Content is protected !!