Evakuasi Bumi

Home Forums Pengungsian ke Luar Angkasa Evakuasi Bumi

This topic contains 5 replies, has 6 voices, and was last updated by  Ariyanti Nugrahani 3 years, 9 months ago.

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)
  • Author
    Posts
  • #205

    PapTo
    Keymaster

    (National Geographic, Januari 2001) Dalam tempo 75 tahun terhitung dari tahun 2001 bumi kita akan bertabrakan dengan sebuah bintang neutron. Sumbernya bisa dilihat di sini. Yang akan terjadi: daya sedot bintang neutron yang amat kuat (dengan massa kecil dan nyaris tak terlihat, sebab bintang ini mendekati kematiannya menjadi black hole) menarik seluruh bumi sehingga hancur berkeping tidak ada yang tersisa. Satu-satunya cara untuk selamat adalah melarikan diri dari bumi. Evakuasi ke luar angkasa. Dalam wujud pesawat luar angkasa yang sebesar kota metropolitan. Tidak heran jika NASA dan Rusia seolah berlomba menjajagi kemungkinan hidup di planet Mars dan Ganymed, salah satu bulan Yupiter. Sebelum tahun 2070 rencana itu harus jadi kenyataan. Minimal 100 ribu orang dalam beberapa pesawat luar angkasa raksasa yang diperkirakan bisa selamat. Proyek Mars One adalah satunya, dirancang oleh pihak swasta dari Negeri Belanda.

    • This topic was modified 3 years, 10 months ago by  PapTo.
    • This topic was modified 3 years, 10 months ago by  PapTo.
    • This topic was modified 3 years, 10 months ago by  PapTo.
    • This topic was modified 3 years, 10 months ago by  PapTo.
    #306

    Sudik Lagundi
    Participant

    Dari yang saya baca, NASA dan 2 lembaga lainnya (satu dari Belanda, dan lainnya adalah pemerintah/negara Rusia) sudah lama merencanakan dalam rentang 4 tahun, ialah:

    2022: Bulan Dijadikan Koloni Manusia
    2030: Rusia Menjajagi Hidup di Ganymed (bulannya Yupiter)
    2052: Mars Akan Dihuni Manusia
    2070: Ganymed Akan Dihuni Manusia

    Mungkin sengaja tidak banyak dipublikasi untuk menghindari kepanikan massal.

    #348

    Albi Faizal
    Participant

    Berapa yang bisa ikut? Mustahil semuanya! Paling sekian ribu saja, manusia pilihan.

    #368

    Novy Handini
    Participant

    <2022: Bulan Dijadikan Koloni Manusia
    2030: Rusia Menjajagi Hidup di Ganymed (bulannya Yupiter)
    2052: Mars Akan Dihuni Manusia
    2070: Ganymed Akan Dihuni Manusia>

    NASA telah melakukan pengamatan pada objek asing di luar angkasa. Salah satu temuan menarik ialah asteorid (atau bulan?) Ganymed yang diklaim merupakan yang paling besar dan berada di jarak terdekat dengan Bumi. Ganymed, merupakan kode nama asteroid yang memiliki diameter 34 kilometer. Asteroid raksasa ini pernah ditemukan oleh Walter Baade pada 23 Oktober 1924. Kabarnya, laju orbit batu luar angkasa jumbo ini telah dikenal dan kemungkinan bisa berdekatan dengan Bumi pada 13 Oktober 2024. Itu saatnya satu atau lebih pesawat penjelajah untuk mendarat ke situ. Ganymed ini juga akan menghampiri Mars pada jarak terdekatnya pada 16 Desember 2176. Ganymed merupakan penamaan dari pengucapan dalam bahasa Jerman, Ganymede. Asteroid ini menjadi target observasi dalam sejarah. Ganymede merupakan asteroid bertipe S, yang berati bahwa objek ini reflektif dan terdiri dari besi sertamagnesium silikat. Pengukuran menunjukkan bagian permukaan asteroid ini kaya akan orthopyroxenes dan kemungkinan mengandung logam.

    Di 1998, observasi radar Ganymede oleh teleskop radio Arecibo menghasilkan gambar asteroid dengan cukup jelas. Gambar menunjukkan adanya objek berbentuk bola. Ganymed memiliki kecepatan orbit rata-rata sebesar 16,86 kilometer per detik dan periode rotasi 10,31 jam.

    #386

    Robak Tegam
    Participant

    Tidak mudah mencari planet seperti bumi. Manusia modern baru datang setelah bumi menjadi indah. Tetapi bumi sebelumnya sangat kacau sebelum mencapai masa tenang seperti sekarang. Bagaimana rencana membuat planet layak huni, misalnya di Mars. Apakah manusia mampu membuat planet Mars menjadi seperti Bumi. Resep sebuah planet yang layak huni adalah planet yang hangat, setidaknya cukup hangat untuk manusia tinggal. Hal terpenting adanya 2 komponen yaitu air dan atmosfer/udara. Tetapi membuat sebuah planet yang layak untuk bernapas membutuhkan waktu 100 ribu tahun walau sudah mengunakan teknologi terbaik saat ini. Bagaimana jika kita mulai membayangkan perjalanan ke Planet Merah itu dengan jalur lurus dari Bumi dengan kecepatan 7.000 piksel per detik, atau sekitar tiga kali kecepatan cahaya. Berapa waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke sana? Saat ini, banyak yang memperkirakan jarak Bumi dan Mars adalah 40 juta mil, atau sekitar 56 juta kilometer. Artinya, jarak keduanya sekitar 170 kali jarak Bumi ke bulan.
    Namun, berdasarkan hitungan dari David Paliwoda dan Jesse Williams, yang dipublikasikan di laman Distancetomars, Bumi dan Mars berada pada sisi berlawanan dan dipisahkan oleh Matahari. Seperti kita ketahui dengan teknologi sekarang jarak tempuh Bumi-Mars adalah sekitar 180 hari (6 bulan) dan perjalanan dengan manusia dalam keadaan normal (bangun dan tidur seperti biasa) akan sangat sulit dilakukan. Bayangkan betapa banyak Makanan yang harus dibawa untuk 6 bulan yang tentunya akan menambah beban berat bagi pesawat. Selain itu harus pula dipastikan bahwa lingkungan didalam pesawat itu memungkinkan bagi manusia untuk hidup dalam waktu cukup lama. Oleh karena itu jika Manusia bisa dibuat tertidur lama (mati suri) dengan asupan makanan,energi,cairan untuk tubuh seperti infus maka ini akan menjadi terobosan luar biasa yang bisa membuat NASA dan Lembaga antariksa lainnya mengirimkan manusia ke luar angkasa yang lebih jauh lagi.

    NASA dan Spaceworks masih focus dalam meneliti proses mati suri ini mulai dari cara tubuh manusia bermetabolisme, menyerap energi dan mengontrol suhu karena kemungkinan besar tubuh manusia akan ditempatkan dalam tub yang sangat dingin.

    #417

    Ariyanti Nugrahani
    Participant

    aku sih enakan di bumi aja..kecuali jika bumi tidak bisa lagi dihuni!!!

Viewing 6 posts - 1 through 6 (of 6 total)

You must be logged in to reply to this topic.

error: Content is protected !!