Teknologi Masa Depan 5 – 50 Tahun

Home Forums Pengungsian ke Luar Angkasa Teknologi Masa Depan 5 – 50 Tahun

This topic contains 0 replies, has 1 voice, and was last updated by  Charlie ~ 33 2 years, 5 months ago.

Viewing 1 post (of 1 total)
  • Author
    Posts
  • #914

    Charlie ~ 33

    Berbicara tentang teknologi di masa yang akan datang, berarti akan cenderung membahas kemungkinan perkembangan dari teknologi terbaru, baik itu berupa “ide baru” ataupun hasil dari perubahan, perbaikan dan improvisasi dari apa yang kita lihat saat ini. Termasuk dalam hal ini adalah konsep yang sudah lama namun masih dalam bentuk ‘prototipe’ yang belum bisa dinikmati hasilnya secara keseluruhan. Umumnya, teknologi masa depan sangat erat kaitannya dengan roadmap dari perusahaan, dari berbagai sektor industri, yang biasanya langsung tertuju pada kebutuhan manusia itu sendiri.

    Berikut ini merupakan daftar beberapa teknologi untuk 5 hingga 50 tahun kedepan, yang meliputi bidang; pesawat udara, mobil, sepeda motor, komputer;

    1. Pesawat
    Pesawat terbang tenaga surya, atau tenaga matahari saat ini sedang menjalani misi mengelilingi dunia yang dimulai 9 maret 2015. Pesawat tersebut menggunakan solar cell untuk menampung energi matahari yang kemudian di konversi menjadi tenaga listrik untuk menjalankan pesawat yang mereka sebut “Solar Impulse 2”. Teknologi ini kemungkinan akan dipakai untuk membuat pesawat terbang skala kecil dalam beberapa tahun mendatang.
    Teknologi Pesawat 5-10 Tahun Kedepan
    Dalam waktu dekat, pesawat di masa depan akan didukung oleh sel bahan bakar hidrogen. hal ini sudah ada beberapa konsep dan percobaan dari perusahaan seperti Boeing dan Antares mencoba penerbangan dengan beberapa sel bahan bakar pesawat bertenaga hidrogen. Pesawat terbang masa depan yang didukung oleh hidrogen akan mulai digunakan untuk layanan konsumen sekita 5 sampai 10 tahun mendatang.
    Teknologi Pesawat 10-15 Tahun Kedepan
    Diperkirakan, pesawat masa depan akan mulai mengembangkan desain yang lebih aerodinamis berdasarkan konsep serat karbon dan nano-fiber, merupakan suatu bahan yang dibuat dari konsep nano-teknologi.
    Teknologi Pesawat 30-50 Tahun Kedepan
    Teknologi berikutnya pada rentan waktu 30-50 tahun dari sekarang, apa yang telah dilakukan NASA hari ini, diprediks akan terwujud paling cepat 30 tahun mendatang. Pesawat terbang dan pesawat ruang angkasa akan berjalan pada energi plasma. Perubahan besar juga akn terjadi dalam desain seperti sayap tetap, sayap bisa berubah(variabel), perubahan rotor dan lain-lain. Juga perubahan teknologi akan terjadi dalam metode navigasi berdasarkan teknologi kuantum, teknologi GPS, robotika, dan otomatisasi lainnya, yang pada akhirnya akan meninggalkan pilot duduk santai tanpa banyak bekerja.

    2. Mobil
    Mobil masa depan akan datang dengan daya listrik, hidrogen, biofuel, bahan bakar sintetis dan paling tinggi harapan akan menggunakan teknologi nuklir. Mobil masa depan akan kurang rentan terhadap crash juga karena banyak kegiatan mengemudi akan otomatis dan dikoordinasikan dengan komunikasi antar kendaraan, lampu jalan, tanda-tanda peringatan, satelit, internet dan transmisi digital, jaringan dan komputer. Lebih jauh sekitar 30 hingga 50 tahun kedepan, manusia akan menikmati adanya mobil yang bisa terbang.

    3. Sepeda Motor
    Sepeda motor masa depan akan menggunakan sel bahan bakar hidrogen, baterai tenaga listrik dan bahan bakar nabati. Hari ini, kita melihat sudah ada sepeda motor Suzuki Crosscage dengan bahan bakar sel, merupakan prototipe bertenaga hidrogen.
    Kembali ke tahun 2003, adalah Dodge Tomahawk mempunyai desain yang unik. Tidak tahu pasti kapan motor ini akan mulai digelontorkan.
    Sepeda motor listrik MotoCzysz E1pc, yang merupakan sepeda motor listrik tercepat di dunia. Salah satu sebab bisa tercepat menurut sumber dikarenakan “bank baterai” yang terdapat di tengah-tengah kendaraan.

    4. Komputer
    Dalam waktu 5 hingga 50 tahun kedepan, komputer akan menggunakan “nanoteknologi” untuk mengecilkan ukuran chip silikon, meningkatkan kecepatan dan kekuatan dengan pemrosesan paralel. Komputer masa depan ini didasarkan pada qubit(quantum bit) selain itu komputer masa depan tidak akan lagi memiliki RAM atau DRAM melainkan MRAM(Magnetoresistive Random Access Memory).
    Komputer masa depan akan membantu dalam komunikasi, teknologi kedokteran, industrial, transportasi, dan semua sektor di hampir setiap tingkat kehidupan kita sehari – hari.

Viewing 1 post (of 1 total)

You must be logged in to reply to this topic.

error: Content is protected !!