Tafsir Mimpi: Apa Sih Makna Mimpi yang Sebenarnya?

Tafsir Mimpi: Apa Sih Makna Mimpi yang Sebenarnya?

Motif mimpi dan apa-apa yang diungkapkan jiwa kita, tersembunyi dalam gambar dan simbol-simbol alam seperti air, gunung, langit, awan, fauna, dsb.

Tayangan alam yang kita lihat dalam mimpi merupakan pengembangan kejiwaan kita, demikian kata Ortrud Grön, seorang psikoterapis yang meneliti mimpi selama 40 tahun. Namun kita wajib menganalisis segenap mimpi secara keseluruhan agar memahami pesan yang disampaikan jiwa kita.

Sejak zaman dulu manusia jika tidur pasti bermimpi. Masalahnya, tidak setiap mimpi bisa kita ingat saat bangun tidur. Biasanya lapat-lapat dan menjadi bias beberapa jam kemudian. Kecuali mimpi yang amat sangat mendalam dan mencekam. Mimpi lebih sering kita lupakan. Kadang-kadang kita baru ingat saat menjalani suatu kejadian. Rasanya kejadian itu pernah mampir sebagai mimpi beberapa saat sebelumnya. Sigmund Freud , pencetus psikoanalisis, telah menulis dalam karyanya yang berjudul “Tafsir Mimpi” mengenai analisis mimpi manusia. Mimpi merupakan suatu sumber informasi penting dari bawah sadar seseorang.

Oleh karena itu tafsir mimpi menjadi lahan bisnis bagi sebagian orang. Beberapa di antaranya bahkan dengan jalan mistik di luar logika. Ini lalu dimanfaatkan oleh beberapa penipu dengan berkedok sebagai pakar tafsir mimpi. Malah dilengkapi komputer! Hebatnya lagi, para korban mau saja ditipu mentah-mentah dengan membayar sejumlah uang. Sungguh zaman edan.

Tafsir mimpi sudah dibuktikan ada sejak 2700 tahun sebelum Masehi. Saat itu belum ada penipuan tafsir mimpi berkedok bisnis. Saat itu zamannya memang masih dikuasai astrologi sejati, yang memang ampuh untuk mengartikan takdir, nasib, dan impian. Sekarang yang namanya astrologi sudah menjadi semacam fast-food, makanan cepat saji yang ditawarkan di berbagai sarana media, termasuk SMS. Astrologi dipalsukan dengan hebat sekali sehingga nyaris tak ada lagi orang yang menganggapnya terlalu serius. Bahkan para fundamentalis mencapnya sebagai karya setan.

Sebetulnya para ilmuwan sudah lama melakukan studi dan riset mengenai mimpi. Secara ilmiah, mimpi merupakan jawaban atas masalah yang dihadapi manusia. Jika sedang bermimpi, jaringan saraf dalam otak manusia sedang bekerja keras untuk proses bermacam keinginan dan kerinduan pemimpi. Demikian pula pola kejadian masa depan akan ditayangkan dalam mimpi. Bukankah yang namanya kejadian mendatang itu sebenarnya sudah terpolakan berbagai kemungkinan jalan kehidupan yang akan dilewati?

Setiap malam kita bermimpi selama 1,5 jam yang terbagi dalam 4 sampai 5 fase. Pada fase pertama mimpi akan berlangsung sekitar 5 menit. Di fase-fase berikutnya akan terus meningkat sampai fase terakhir, 20 menit lamanya.

Sebagai contoh: seseorang bermimpi sedang duduk di kebunnya. Tiba-tiba anjing peliharaannya datang dari dalam rumah menuju ke arahnya. Dia menggapaikan tangan untuk merabah anjing. Tahu-tahu tangannya digigit. Apa makna mimpi ini? Pertama-tama adalah penting sekali untuk menyimak rumah dan anjing secara lebih mandalam. Kondisi rumah seperti apa? Dalam keadaan rusak, atau sedang terbakar? Anjing juga penting. Besar atau kecilnya anjing juga merupakan aspek penting. Selain itu gigi anjing ikut berperan karena gigitannya.

Contoh lagi. Mimpi mengenai kematian itu umumnya berarti sang pemimpi sedang berada di awal sebuah sikon baru. Bukannya ada di antara keluarga dekat yang meninggal. Makna kematian merupakan pertanda ditutupnya peristiwa lama, sehingga terbuka jalan untuk sesuatu yang baru.

Beberapa tafsir mimpi yang telah menjalani analisis para ahlinya adalah sebagai berikut:

Gigi:
Berkaitan dengan proses pertumbuhan dan masa puber remaja. Gigi yang goyang diartikan sebagai langkah dari anak menuju dewasa, atau dari orang tua menjadi lansia. Mimpi gigi tanggal berarti kecemasan tidak dihargai atau ketakutan menjadi dewasa. Wanita yang mimpi giginya tertelan masuk perut merupakan pertanda kehamilan.

Dapat Terbang:
Lepas dari situasi yang selama ini jadi beban. Terpenuhinya keinginan untuk bebas.

Air:
Air merupakan simbol uzur yang menyatukan jiwa dengan tubuh. Air jernih merupakan pertanda baik: situasi harmoni mengawali kebahagiaan, rejeki, dan cinta. Air keruh menandakan bakal adanya perang batin, pikiran yang kurang bersih, atau kurangnya pencerahan alias sadar diri. Air bergolak pertanda bakal adanya kekhawatiran dan gejolak keluarga. Jika Anda melihat wajah di air, itulah peringatan Anda mesti waspada. Akan ada penipuan. Mimpi minum air dingin artinya kesehatan yang prima. Jika airnya hangat Anda harus lebih banyak menjaga kesehatan.

Melihat manusia, tapi tak dapat menyapa mereka:
Keinginan untuk lebih disegani. Petunjuk adanya rasa rendah diri atau malu.

Lari Tapi Tak Mampu Beranjak dari Tempat:
Ada suatu tugas keseharian yang melebihi kemampuan.

Telanjang:
Merasa tidak terlindungi, gampang terluka hati tapi tidak berani terang-terangan menyatakannya.

Gigi Goyang atau Copot:
Anda belum berhasil memecahkan problem, kendati sudah berusaha sangat keras.

Jatuh dari Atas Tebing atau Pohon:
Khawatir ditinggalkan, kehilangan kontrol. Penyebab utama ada waktu masa kecil, misalnya pernah tertinggal di pasar dsb.

Meninggal:
Keinginan untuk berubah secara total. Kadang-kadang merupakan petunjuk akan adanya perubahan drastis dari sikap atau tindakan.

Mati Tenggelam:
Petunjuk adanya tuntutan yang terlalu banyak. Air merupakan penjelasan yang diperlukan bagi emosi pemimpi.

Lari ke Atas Gunung:
Sedang berada di jalan menuju puncak, darimana situasi akan bisa diamati lebih jelas. Jika dalam mimpi berhasil mencapai puncak, itu artinya akan ada kesuksesan.

Kembali ke Rumah Masa Kecil:
Mencari yang bisa dipercaya, rasa aman dan perlindungan. Tetapi juga bisa merupakan petunjuk masih adanya luka batin saat kecil, yang sampai sekarang belum sembuh.

Mimpi Erotis/Seks:
Jarang menjadi simbol kebutuhan seksual. Lebih sering sebagai pertanda adanya pergulatan bagian wanita dan pria dalam diri pribadi.

Leave a reply

error: Content is protected !!